Ini 5 Makanan Ciri khas Jogja yg Mesti Kamu Coba

06/04/2019

Tidak hanya banyak object wisata serta spot berbelanja yg murah, Jogja pula punyai amat banyak kuliner enak yg mesti kamu coba. Nah, bila telah melihat situs https://www.arenawin.net/ membicarakan makanan ciri khas Jogja, makanan pertama yg keluar di otak kamu tentu saja ialah gudeg, kan? Memang benar sich, tetapi ketahui tidak sich kamu nyatanya tidak hanya gudeg masih banyak makanan lain yg telah menunggu arenawin buat dicoba. Pengin ketahui apa saja? Yuk, baca daftarnya di bawah ini!

1. Mangut Lele Mbah Marto

Bila sampai kini kita hanya ketahui lele cuma jadikan pecel lele saja, beda bila kamu di Jogja. Disana, lele tidak cuma digoreng saja, namun juga diproses jadi mangut, seperti yg berada pada rumah makan Mangut Lele Mbah Marto yg berada pada di Jalan Parangtritis Km 6,5, persisnya di belakang Institut Seni Indonesia. Metode mengolahnya juga dapat di sebut unik, lantaran masih diasap dengan kayu bakar, lalu di campur dengan santan serta cabai yg membuat masakan ini berwarna merah serta menggairahkan. Belum pula dengan taburan petai di atasnya. Yummy!

Buat mendapatkan tempat ini memang diperlukan perjuangan, lantaran tempatnya yg masuk gang. Meskipun demikian, rumah makan mangut ini amat banyak fansnya, bahkan juga artis ibukota juga kerap makan di sini, lho! Nah, bila pengin cobain, rumah makan ini membuka dimulai dari jam 11 siang sampai jam 4 sore. Satu porsinya sendiri dihargai dimulai dari Rp 20.000 saja. Yuk, kesana!


Baca Juga :

Cobain 8 Kuliner Keju Modern yg Banyak Di serbu di Jakarta Ini!

Nikmatnya Menu Yoisho Ramen Vegetarian yg Merayu


2. Tengkleng Gajah Jogja

Eits, jangan salah kira dahulu ya. Tengkleng gajah di sini bukan dibikin dari daging gajah beneran, kok! Tengkleng gajahnya dibikin berbahan basic daging kambing. Diberi nama tengkleng gajah lantaran disajikannya dalam bagian besar. Di tempat ini ada dua model tengkleng yg ditawarkan, ialah tengkleng tongseng (kuah) serta goreng (kering) yg dipasarkan seharga Rp 30.000 per porsinya.

Tempatnya sendiri berada pada Jakal atau Jalan Kaliurang Km 9,3. Sama dengan dengan mangut barusan, buat mendapatkan tengkleng gajah ini kamu mesti dikit berupaya lantaran terletak yg berada pada pedesaan. Menu lain yang ditawarkan di sini yaitu gulai serta sate. Tertarik buat coba?

3. Mie Ayam Tumini

Siapa yg menyukai sama mie ayam? Inilah menu ciri khas Jogja yang wajib kamu coba kala ada disana. Namanya Mie Ayam Tumini. Terletak berada pada Jalan Imogiri Timur No 187. Kuahnya yg kental serta pekat berikut yg memperbedakan mie ayam Tumini tidak sama dengan mie ayam arenawin.

Rasa kuahnya bisa juga di sebut prima, dengan gabungan rasa manis serta gurihnya yg serasi. Serunya, kamu dapat pilih bagian biasa atau jumbo yg satu porsinya dipasarkan pada harga di bawah Rp 15.000. Murah, kan? Tetapi, ada ketentuannya bila kamu pengin ada kesini tak mesti antre lama, ialah kmu harus ada dari jam 10 pagi.

4. Belalang Goreng

Pengin makanan yg tidak biasa? Coba kamu pergi ke daerah Gunungkidul deh. Disana kamu bakal mendapatkan snack aneh yg banyak dipasarkan penduduk, ialah belalang goreng. Yap, ini ialah belalang yg digoreng sampai kering, gurih, serta dapat di nikmati seluruhnya sisi tubuhnya. Harga pula murah, lantaran dipasarkan Rp 20.000 per bungkusnya. Tetapi, mengingat bila snack ini ialah makanan tinggi protein, seharusnya jangan dicicip apabila kamu punyai alergi, ya! Bukannya bakal suka, yg ada justru cuma rasa gatal yg bakal kamu temukan.

5. Oseng Mercon Bu Narti

Senang makanan pedas? Coba kamu bertandang ke warung Oseng Mercon Bu Narti yg berada pada Jalan KH.Ahmad Dahlan, Ngampilan. Di sini arenawin bakal nikmati hidangan  oseng yg berisi kulit, lemak, kikil, serta tulang muda yg di masak dengan bumbu super pedas yg dapat membuat lidah kamu meledak serta terbakar. Berikut pertimbangannya mengapa diberi nama oseng mercon. Warung ini sendiri membuka mulai jam 5 sore sampai jam 11 malam. Tenang, buat nikmati satu buah porsi oseng mercon ini kamu cukup membayar Rp 20.000 saja, kok. Atau, kamu dapat lho beli vs paketannya buat dibawa pulang jadi oleh-oleh.

Kebukti kan bila Jogjakarta tidak hanya punyai gudeg, ada banyak kuliner unik yg dapat kamu coba. Rujukan kuliner unik di Jogja ini dapat membuat wisata kulinermu semakin lebih tidak sama!